-Penggunaan motor matic di Indonesia melonjak tajam dalam beberpa tahun terakhir ini. Motor yang awalnya diperuntukkan bagi kaum hawa karena kemudahan dalam pengoperasiannya, kini motor matic sudah menjadi tren dan sudah dipakai oleh berbagai golongan usia serta gender.
Kepopuleran motor matic tentu saja membuat berbagai produsen motor berlom-lomba mengeluarkan produk terbaru mereka ke pasaran. Sayangnya, perkembangan motor matic ini tidak dibarengi dengan edukasi pengguna tentang teknologi motor matic. Karena seperti kita ketahui motor matic memiliki sistem penggerak yang berbeda, karakteristik mesin yang unik, termasuk komponen dan ketahanannya. Oleh karena itu, perlu bagi konsumen untuk mendapat edukasi tentang teknologi motor matic ini.
Umumnya, setiap model dan jenis motor memiliki kelebihan dan keunggulan. Namun khusus untuk jenis dan model motor matic, ada beberapa komponen yang harus mendapat perhatian ekstra. Karena beberapa komponen tersebut ternyata rawan dan cepat rusak. Apa sajakah itu?
Berikut adalah 5 Komponen Motor Matic Yang Rawan dan Gampang Rusak, yang perlu Anda ketahui dan penting untuk mendapat perhatian lebih:
- Ban Motor Matic. Dengan diameter yang relatif lebih kecil dibandingkan dengan sepeda motor bebek atau sport, ban akan berputar lebih banyak. Aus akan lebih cepat terjadi.
- Kopling Motor Matic. Komponen ini sebenarnya bekerja hampir sama dengan model lain. Namun karakteristik kopling pada skutik berbeda dengan banyaknya bagian yang berputar. Mulai mangkuk kopling, roller, per, dan sebagainya.
- Drive belt Motor Matic. Komponen ini juga menjadi salah satu kelemahan skutik. Karena tugasnya menghubungkan mesin dengan penggerak roda, sabuk khusus ini harus selalu dicek dengan jarak km tertentu.
- Kanvas rem Motor Matic. Tak bisa dipungkiri, penggunaan skutik akan lebih banyak menggunakan rem. Bahkan banyak orang yang tidak bisa lepas dari rem dan terus memfungsikan tuas rem padahal sepeda motor sedang berjalan. Kebiasaan inilah yang membuat kanvas cepat aus.
- Aki atau kelistrikan motor matic , aki atau acu dalam matic biasanya kalau kita jarang mengontrol air acu maka akan berpengaruh karena identik pasti motor matic memakai starter jarang memakai selahan gan.dan kelistrikan sering kosleting gan.
semoga artikel yang saya bikin kali ini bisa menambah wawasan bagi agan agan pecinta motor matic, ingat tetap jaga keselamatan berkendara. terimakasih ,hehe