Selamat datang di blog sderhana ini. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas artikrl tentang Tips mudah service karburator mio. Sebenarnya setting atau menyetel karburator motor itu mudah, bisa dilakukan semua orang tetapi kalau menyetelnya dengan cara yang asal-asalan malah mengakibatkan performa motor tidaka pas, bensin boros, dan bisa ngempos tidak ada tenaganya. Setting atau Menyetel Karburator sangat dibutuhkan ketelitian yang pas supaya motor bisa kencang tetapi bensin tetap irit. Nah untuk itu ikuti panduan-panduan di blog ini untuk menyetel karburator motor matic anda biar pas.
bagi anda para pengguna motor matic khususnya motor yamaha mio, dan ingin belajar untuk service motor anda sendiri, minimal service ringat (bahasa bengkel) itu mencakup service karburator dan pembersihan filter udara. bagi anda yg suka dengan mesin dan ingin belajar bagai mana merawat karburator yang baik dan benar saya punya sedikit pengetahuan bagi anda semua.
langkah service karburator mio
- lepaskan karburator dari intek manipool
buka cover mesin mio, ada 4 baud skrup d bagian cover mesin tepatnya d bagian bawah jok.
- buka conekan accu (+ dsn -)
- buka kedudukan jok (ada 4 buah baud ukuran 10mm d bagian bawah jok)
- buka soket konecting accu d bagian bawah jok.
- buka baud manupool, buka baud sambungan out tek karbu.
- buka konekan cook
setelah karburator telah di lepaskan dari intek manipoool, langkah selanjutnya mulai membekan bagian-bagian karburator itu sendiri.lebih ringkasnya kita mulai saja obrak abrik jeroan karburator.
- mulai membersihkan bagian dalam karburator
buka 4 buah baud penampungan bensin d bagian bawah karburator.
- buka baud penjepit pelampung karburator
- lepaskan pelampung
- buka sepuyer mainjet dan pilotjet
- buka 2 buah baud penahan pakum skape d bagian atas karburator
- lepaskan per penahan skape pakum karburator
- lepaskan pakum karbu
setelah semua bagian di lepaskan mulailah membersihkan semua komponen. dalam membersihkan semua komponen harap diperhatikan bagian skape pakum karburator yang terbuat dari karet jangan sampai terlalu lama direndap dalam cairan yg dapat merusak bahan karet (jangan direndam dalam bensin), tentunya bagian sil dan semua yang terbuat dari bahan karet harap di perhatikan juga.
selanjutnya bersihkan polit jet dan main jet pastikan semua lubang tidak ada yang tersumbat. besihkan juga bagian in dan out d lubang angin dan skape. usahakan semua bagian bersih seperti baru.(gunakan amplas paling halus jika perlu). setelah semua bagian dirasa cukup bersih. mulai pasang semua bagian seperti semula. pasang kembali karburator pada intek manipool. setelah terpasang mulai hidupkan mesin. setelah mesin dapat bekerja normal, lanjut pada penyetelan angin karburator. tutup angin hingga habis (putar kedalam baud stelan angin pada karbu hingga mentok) tarik gas pd RPM rendah dan pertahankan, mulai buka baud stelan angin secara perlahan hingga RPM meningkat sampai d batas paling tinggi. jika suara mesin sudah d RPM paling tinggi stop bukaan stelan baud angin. jika semua tahap sudah selesai pasang kembali semua komponen.
Mungkin sedikit penjelasan dari saya semoga bermanfaat bagi agan sekalian,Terimakasih .
Salam satu gaspoll & Satu aspal .hehe