Selain menyajikan banyak pilihan, dunia otomotif pun penuh akan inovasi, dan siapa saja bisa melakukannya tanpa terkecuali. Bisa sobat buktikan sendiri, dimana sekarang ini sobat sering melihat mulai dari yang muda hingga tua berhasil menciptakan kreativitas untuk bisa mengubah tampilan sepeda motornya agar terlihat lebih baik dibanding sebelumnya. Namun, kebanyakan anak muda dalam memodifikasi seringkali tanpa mengindahkan kenyamanan berkendara, yang sesungguhnya hal itu sangatlah penting.
Kesalahan yang biasa dialakukan dan biasanya paling fatal terjadi pada bagian suspensi, yang mana kebanyakan sering lakukan potong peer atau malah tidak menggunakan peer dalam shockbreaker yang ada pada bagian motor, hal itu memang sering terjadi, biasanya bagi pengguna yang menginginkan motornya terlihat ceper (tau memiliki rentan jarak begitu rendah antara mesin dengan tanah). Tapi konsekuensinya bila melakukan hal yang demikian, pastinya akan sangat menghilangkan rasa nyaman.
Padahal motor diciptakan, selain untuk transportasi sebagai fungsi awalnya, diambil performanya, dan ketiga adalah kenyamanannya. Sedangkan kalau kenyamanan tidak ada pada sebuah motor, tentunya performa yang ada tidak akan berjalan maksimal. Bahkan untuk mencapai kecepatan maksimal pun akan terasa kesulitas jika suspensi yang digunakan tidak mndukung kenyamanan dan keamanan. Misal saja Moto-GP, para ahli didalamnya sangat memperhitungkan tingkat redam suspensi yang dipakai oleh motor balapnya.
Perlakuan tersebut sengaja dilakukannya, tidak lain dan tidak bukan adalah untuk memberikan rasa aman terhadap si pengguna, serta lebih memaksimalkan kenyamana dari si pengguna atau Rider itu sendiri. Selain kedua hal itu tadi, ada satu lagi yang sangat peru sobat perhatikan, yakni pada saat ingin mengganti shockbreaker motor kesayangan sobat masing-masing, sebaiknya sobat simak ulasan lengkap , yang telah kami rinci dibawah ini.
1. Telitilah Terlebih Dahulu Cat Shockbreaker yang Bakal Agan Beli
Cara memilih shockbreaker motor terbaik pertama, sobat haruslah perhatikan bagian paling luar dari sebuah suspensi atau shockbreaker. Karena dari luar saja sudah bisa terlihat mana shock yang baru dan mana shock yang bekas atau reparasi. Terutama pada bagian cat, bagian ini bisa dibilang sangat mudah bagi sesorang untuk membuat tampilan shockbreakernya terkesan baru, padahal si shock yang dijualnya bekas. Sobat perhatikan warna dari cat yang sobat pilih, kalau perlu goreslah cat yang ada di shock hingga mengelupas, harusnya kalau shock itu baru, jika terkelupas akan memperlihatkan jenis material logam yang digunakan, bukan tumpukan cat lain. Bisa dipastikan, jika terdapat tumpukan cat, shock tersebut merupakan barang sudah perah terpakai / bekas / reparasi.
2. Lihatlah Kode Yang Ada Pada Shockreaker
Kode, merupakan serangkaian nomor ataupun kombinasi angka dan huruf, yang menunjukan serial dari produk tertentu. Untuk cara memilih shockbreaker motor terbarik yang ini, sobat bisa langsung cek pada bagian tertentu pada sebuah shock, dimana untuk membedakan yang baru dan bekas sangatlah mudah, karena kode asli yang biasanya tercantum pada sebuah shock itu di buat dengan cara unik serta didukung teknologi tinggi, seperti laser misalnya, dan bagian kode shockbreaker yang baru, terlihat begitu halus. Tetapi kalau sobat menjumpai ketidak rataan dari bagian kode, atau tertumpuk oleh cat berbeda, itu berarti shock yang sobat otoboy dapatkan merupakan barang bekas, karena sewajarnya yang baru itu serba mulus.
3. Cek Batang Shock
Selain kode, cara memilih Shockbreaker motor terbaik selanjutnya, sebaiknya sobat cek batang shock, yang mana bagian ini adalah bagian yang sangat mudah untuk dilihat dari tampak luar. Kalau seandainya ada goresan, atau bisa jadi ada bekas las dibagian batang Shockbreaker, itu bisa dipastikan merupakan barang bekas atau rekondisi. Dikarenakan barang baru khususnya Shockbreaker, bagian batang akan selalu terlihat mengkilap sewaktu belum digunakan, alhasil jika ada goresan, mending sobat cari saja Shockbreaker lain yang tidak menunjukan tanda-tanda tersebut.
4. Lihat Lubang Baut
Sama halnya dengan cara memilih Shockbreaker motor terbaik diatas, kita sebagai konsumen haru sejeli mungkin untuk cek barang bekas maupun baru, dimana untuk yang ke empat ini sobat bisa lihat lubang baut yang ada di bagian bawah (anting) maupun atas, kalau yang namanya baru itu semua terlihat mengkilap, dan bila sewaktu sobat mengecek bagian ini tedapat cat yang terkelupas, dan parahnya lagi sampai ada dempul serta lapisan cat lain yang terlihat tebal, serta terlihat tidak bundar, sampai dengan lonjong, itu bisa disimpulkan sobat dapatkan barang bekas, karena pada aslinya atau Shockbreaker baru harusnya memperlihatkan lubang baut yang bundar, dan mengkilap.
5. Cek Kinerja SHOCK dan Cara Membedakannya
Setidaknya ada dua jenis shock yang paling mendasar, terdiri atas Shock Single Action dan satunya lagi Shock Jenis Double Action. Cara ujinya cukup mudah, sobat hanya perlu tarik Shockbreaker dari posisi awal yang terlihat pendek, dan ditarik menjadi lebih panjang. Dan pada saat inilah sobat perhatikan, apakah pada saat Shockbreaker kembali pada posisi pertama berjalan melambat secara mulus, itu berrati termasuk ke dalam suspensi double action, tetapi bila bergerak cepat, bisa disimpulkkan shock yang sobat pegang adalah jenis single action. Sebenarya single maupun double, itu sama saja, cuma kalau yang double action dalam penggunaannya terasa lebih nyaman dan enak ketika diajak berkendara.
Tapi sobat juga perlu perhatikan, jika sobat lakukan cara memilih Shockbreaker motor terbaik pada bagian ini merasa tersendat, atau jalannya tidak mulus seperti ada ganjalan, hal ini bisa dimungkinkan dibagian dalam bukan hanya olis saja, tetapi ada rongga udara yang seharusnya tidak boleh ada didalamnya. Bila demikian, maka sobat patut curiga dan urungkan niat untuk membeli shock yang sobat pilih di toko, karena kualitasnya jelek, atau bahkan merupakan Shockbreaker rekondisi yang dikemas ulang dengan tingkat kerapian tinggi, dan bukan merupakan hasil produksi pabrik.
Ok,kembali agan sekalian mau pilih yang mana dan merk apa karena anda yang memakai dan merasakannya, semoga artikel ini bermanfaat .aminnn