Tiga motor 150 cc ini termasuk ke dalam genre yang berbeda-beda. Honda sonic 150R dan suzuki New satria FU FI 150 2016 masuk ke dalam kelas bebek underbone ayago alias ayam jago. Sementara yamaha mx king 150 berbeda genre sendiri yakni bebek super 150cc. namun ketiganya bisa dibilang menyasar segmen yang sama karena masih masuk dalam kelas bebek dan dengan kubikasi mesin yang sama sama 150cc.
Bagi anda yang bingung menentukan pilihan motor mana yang akan anda pinang menjadi jagoan anda sehari hari mungkin akan saya berikan info mengenai ketiga motor ini secara lengkap. Mulai dari harga masing masing motor, spesifikasi teknis dan mesin, kelebihan dan kekurangan ditinjau dari segala segi, baik itu kenyamanan, kegunaan, dan konsumsi bbm alias keiritan sebagainya. Desain mana yang lebih unggul dll.
Mari kita lihat tabel di bawah
| Honda Sonic 150r | Suzuki Satria FU FI 150 | Yamaha MX King 150 |
Harga terbaru | Rp21.200.000 | Rp. 21.650.000 | 18.950.000 |
Spesifikasi | |
Type mesin | DOHC + radiator
149cc | DOHC + Radiator
147,3 cc | SOCH + radiator
149,7cc |
Bore x stroke | 57,3 x 57,8 mm | 62 x 48.8 mm | 57,0 mm x 58,7 mm |
kompresi | 11.3 : 1 | 11.5 : 1 | 10,4 : 1 |
Power | 11.8 KW (16.0 PS)
@ 9000 rpm | 13.6 KW (18.2 ps)
@ 10.000 RPM | 11,3 KW (15,3ps)
@8500 rpm |
Torsi | 13,5 Nm (1,38 kgf.m)
@6500 rpm | 13.8 N.m
@ 8.500 RPM | 13,8 N.m
@7000 rpm |
Berat | 114 kg | 109 kg | 116 kg |
Dimensi | 1.941 x 669 x 977 mm | 1.960 x 675 x 980 mm | 1.970 x 670 x 1.080 |
Kapasitas BBM | 4 liter | 4 liter | 4,2 ltr |
Oli mesin | 1,1 liter | 1,3 liter | 1 Liter |
Ukuran Ban depan | 70/90-17 38P (tubeless) | 70/90-17 38P (tubeless) | 70/90-17MC 38P(tubless) |
ukuran ban belakang | 80/90-17 50P (tubeless) | 80/90-17 50P (tubeless) | 120/70-17MC(tubless) |
System Bahan Bakar | injeksi | injeksi | injeksi |
speed | 6 speed | 6 speed | 5 speed |
Penerangan | Depan belakang LED | depan belakang LED | bohlam |
tinggi tempat
duduk | | 765 mm | 780 mm |
Perfomance | | | |
akselerasi 0-60km/jam | 4,4 detik | | 5,4 detik |
akselerasi 0-80km/jam | 7,4 detik | | 8,2 detik |
akselerasi 0-100km/jam | 12,5 detik | | 15,6 detik |
akselerasi 0-100m | 7,3 detik | | 7,8 detik |
akselerasi 0-201m | 11,4 detik | | 12 detik |
akselerasi 0-402m | 18,4 detik | | 19,3 detik |
Top speed | 137 km/jam (on speedo)
119,1 km/jam (gps) | 142km/jam (on speedo) | 135km/jam (ons peedo) |
Konsumsi BBM | 40km/liter. | 50km/liter | 48 km/liter |
Prestasi resmi | Juara II (IRRC 2015) | ____________ | Juara I (IRRC 2015) |
Harga jual bekas |
2014 | | | |
2015 | | | |
Tabel diatas mungkin bisa menjadi sedikit referensi bagi anda bagaimana motor diatas baik secara perfoma, spesifikasi teknis dan beberapa parameter lain yang bisa anda jadikan patokan dalam membandingkan satu sama lain.
Tidak perlu lagi kiranya banyak penjelasan saya, hanya beberapa poiin saja yang mungkin perlu anda ketahui seperti kegunaan torsi dan power pada masing masing motor. Jika melihat torsi yang dimiliki masing masing motor, terlihat yamaha mx king paling enak diajak stop n go dan paling kuat di tanjakan. Karena beberapa faktor, termasuk motor ini type mesin overstroke. Smementara kalau untuk top speed satria fu injeksi rajanya. Sedangkan sonic 150 lebih ke tengah tengah.
Namun perlu dicatat, meski power paling kecil diantara kompetitor, namun nyatanya yamaha mx king 150 keluar sebagai juara pertama pada ajang balap resmi nasional, Indonesia Road Racing Championship (IRRC) musim 2015.